Saturday | Jun 23, 2018

March 02, 2018

SENADA 2018 Seminar Nasional Desain & Arsitektur oleh STD Bali


Pada hari Kamis, 22 Februari 2018 bertempat di Aula Lt. III New Media College telah dilaksanakan Seminar Nasional Desain & Arsitektur (SENADA) 2018 yang merupakan salah satu dari rangkaian Dies Natalis ke-15 dari STD Bali & New Media College. Seminar yang mengangkat tema “Desain, Seni, dan Budaya Dalam Pembangunan Berkelanjutan” ini dihadiri oleh puluhan pemakalah dari perguruan tinggi di Indonesia. Walaupun masih berusia 5 tahun, sambutan yang hangat dari para peserta seminar menunjukkan eksistensi STD Bali sebagai sebagai kampus desain berbasis IT di Bali di kancah nasional. Seminar nasional pertama yang diadakan oleh STD Bali ini menghadirkan tiga orang keynote speaker, yaitu:

  • Hastjarjo B. Wibowo, S.Sn., M.Sn., School of Design Binus University, Praktisi, Dosen Desain Komunikasi Visual, Ketua Umum Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA).
  • Dr. Drs. I Gede Mugi Raharja, M.Sn., Dosen Program Studi Desain Interior Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Doktor Kajian Budaya (Desain)
  • Kadek Prana Jaya, S.T., M.T., IAI, Sekolah Tinggi Desain Bali, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Bali, Praktisi.

Ibu Made Vairagya Yogantari, S.Sn., MFA selaku ketua komite SENADA 2018 pada laporannya menyampaikan bahwa seminar ini memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi pemikiran dari para akademisi dan praktisi dalam aspek desain, seni, dan budaya yang dapat menghasilkan sebuah karya akhir dengan identitas yang jelas sehingga memberikan pengetahuan kepada masyarakat secara komprehensif dan juga manfaat secara sosial, ekonomi, dan ekologi.

Acara seminar berjalan semangat dengan antusiasme dari para pemakalah luar Bali yang asik berdiskusi dengan para keynote speaker yang dipandu oleh Ibu Ni Kadek Yuni Utami, S.T., M.Ds selaku moderator. Seluruh artikel yang diterima dijadikan satu kedalam prosiding ber-ISBN bertajuk SENADA.  (mvy/obs)



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
NIIT