Wednesday | Sep 23, 2020

February 12, 2020

SEMINAR UMUM MAHASISWA JURUSAN DKV ANGKATAN 2016 : “LOCABILITY”


Pada hari Sabtu, 08 Februari 2020, bertempat di Aula New Media Collage mahasiswa-mahasiswi DKV angkatan 2016 menyelenggarakan kegiatan seminar yang bertemakan “Local Ability in Digital and Modern era”. Yang dihadiri oleh Ketua STD Bali Made Arini Hanindharputri, S.Sn., M.Sn, Kaprodi DKV A.A. Sagung Intan Pradnyanita, S.Sn., M.Sn , Dosen-dosen pembimbing jurusan DKV, dan tentunya peserta yang sangat antusias dalam seminar ini.

Seminar kali ini menghadirkan topik yang menarik dari beberapa narasumber: narasumber yang pertama adalah Bella Chrusita bersama Ayu Griselda (moderator) dan Felix Juno (notulen), dengan pembahasan topik “Peran Digital Marketing Dalam Peningkatan Penjualan Endek di Indonesia”, ia mengatakan bahwa kain endek sendiri adalah suatu keistimewaan khas Bali, dimana kita tidak usah malu untuk menggunakannya.

Narasumber yang kedua adalah Rafif Syach bersama Karina Bestari (moderator) dan Anthasari Puteri(notulen) dengan pembahasan topik “Strategi Promosi Produk Sepatu Compass”. Ia menjelaskan bahwa sepatu Compass sudah ada pada tahun 1998. Sepatu Compass hingga saat ini sangat diburu oleh anak muda masa kini.

Sebelum dilanjutkan ke narasumber ketiga dan keempat, diadakan kuis untuk peserta serta pemberian hadiah kepada peserta yang telah menjawab pertanyaan dengan benar.

Setelah kuis, dihadirkan narasumber ketiga yaitu Jaya Amertha bersama Natha Yuma(moderator) dan Jegeg Risna(notulen) dengan pembahasan topik “Copywriting Pada Desain Kaos”. Pertama ia menjelaskan copywriting itu seperti apa dan bagaimana di Desain kaos, ia juga menunjukkan brand lokal Bali seperti sing main-main, sing demen ruet, dan seger gen tunas.

Selanjutnya, dihadirkan narasumber keempat yaitu Pinky Ariani bersama Awaludin (moderator) dan Agung Pujilaksono (notulen) dengan pembahasan topik “Peningkatan Eksistensi Besek sebagai Kemasan Makanan “Ramah Lingkungan” Melalui Peran DKV”. Ia menjelaskan bahwa besek ini adalah salah satu kemasan yang ramah lingkungan, apalagi Bali sudah memberlakukan tentang pengurangan sampah plastik, besek juga sangat aman untuk kemasan makanan karena dapat mengatur kadar suhu makanan agar tidak mudah basi.

Usai sudah penyampaian topik pada masing-masing narasumber, seperti biasa dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta yang telah hadir, kemudian dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada peserta yang bertanya serta penyerahan sertifikat untuk masing-masing narasumber, moderator, dan notulen. Dan berakhirlah acara seminar Locability ini, para panitia dan para peserta seminar mengadakan sesi foto bersama. (lastri)



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University