Thursday | Oct 24, 2019

August 07, 2019

STD BALI SELENGGARAKAN KELAS INTERNASIONAL “TROPICAL ARCHITECTURE”


Tahun 2019 ini untuk ketiga kalinya Sekolah Tinggi Desain Bali menyelenggarakan program kelas internasional, yaitu  STD Bali Summer School dengan konsentrasi Tropical Architecture. Program yang berlangsung selama 4 minggu ini terbuka untuk mahasiswa asing baik yang sedang menempuh gelar sarjana, pasca sarjana, maupun untuk profesional yang berminat mempelajari arsitektur dan interior tropis di Bali.  Kali  ini, Program hasil kerjasama antara STD Bali dengan Study In Bali Germany ini diikuti oleh 55 orang mahasiswa mancanegara yang berasal dari 21 negara berbeda seperti Jerman, Austria, Belanda, Inggris, Spanyol, Korea Selatan, Amerika hingga Uganda.  “Program ini tidak hanya memberikan pengayaan wawasan mengenai arsitektur dan interior tropis namun juga mengajak mahasiswa asing mempelajari kebudayaan dan tradisi di Bali karena kedua hal tersebut sangat erat kaitannya dengan arsitektur di Bali.” ungkap Made Vairagya Yogantari, S.Sn., MFA selaku ketua program Summer School.

Kegiatan yang berjalan sejak tanggal 27 Juli – 24 Agustus ini terdiri dari kegiatan perkuliahan, kunjungan industri, serta workshop yang dikemas dengan sangat menarik dan unik. Mengundang para praktisi di bidang arsitektur dan interior, STD Bali merancang kegiatan perkuliahan bersama para akademisi agar materi dapat tersampaikan sebaik mungkin dalam waktu yang cukup singkat. Tujuan akhir dari program ini, diharapkan para peserta  mampu membuat dan mempresentasikan karya berupa desain villa berlokasi di Bali dengan konsep yang bertumpu pada aspek-aspek arsitektur Bali, Bali resort & hospitality design, serta green design. Karya tugas akhir ini nantinya akan dijadikan portofolio oleh mahasiswa.

Yang berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini para mahasiswa akan dikenalkan lebih dalam lagi tentang seni arsitektur Bali melalui kegiatan Denpasar City Heritage Tour. Bekerjasama dengan badan kreatif (bekraf) Denpasar , mereka diajak berkeliling  mengunjungi beberapa bangunan dan situs bersejarah yang ada di Kota Denpasar. STD Bali Summer School Tropical Architecture ini juga menghadirkan dosen tamu dari Karls concept, Technical University of Vienna yang akan memberikan workshop mengenai Smart Housing & Arsitektur. Program lainnya yang akan mereka ikuti adalah kunjungan  dan workshop di Green Village, Popo Danes Architect Studio, Wanaka Bali, Taman Nusa & Desa Penglipuran hingga workshop pembuatan upakara dalam ritual agama Hindu di Bali serta belajar tari tradisional Bali.

Ketua STD Bali,  Made Arini Hanindharputri, S.Sn., M.Sn., menjelaskan bahwa selain bermanfaat bagi mahasiswa asing, program ini adalah salah satu bentuk kegiatan internasionalisasi dari STD Bali agar mahasiswa reguler dapat berinteraksi dan bertukar wawasan dengan mahasiswa mancanegara. Kedepannya akan lebih banyak lagi program-program internasional yang akan berjalan di STD Bali sehingga kualitas mahasiswa STD Bali dapat setara dengan mahasiswa mancanegara.      



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University