Wednesday | Dec 11, 2019

November 27, 2019

Wakil Wali Kota Denpasar Puji Karya Mahasiswa STD Bali dan New Media College


Sekolah Tinggi Desain (STD) Bali dan New Media College kembali meramaikan event Denpasar Teknologi Informasi dan Komunikasi (DTIK) Festival 2019 yang digelar pada 31 Oktober hingga 3 November 2019. 
Ajang kreativitas tahunan yang digagas Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Kota Denpasar ini dibuka langsung Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede yang ditandai dengan pemukulan drum di kawasan Taman Kota Lumintang, Denpasar, Kamis (31/10) malam.
 
Sebelum membuka acara, Jaya Negara mengunjungi stan STD Bali dan New Media College. Beliau disambut dengan ramah oleh mahasiswa dan staf kampus yang menjaga stan dan diberikan penjelasan secara detail terkait produk-produk yang dipamerkan.
 
Jaya Negara sangat antusias dan serius mengamati hasil karya mahasiswa. Mulai dari desain branding, kemasan, buku cerita serta merchandise karya mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). 
“Karya-karya mahasiswa kampus ini sangat kreatif. Khusus untuk desain kemasannya juga sudah ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan plastik,” puji pria kelahiran 30 April 1967 ini.
 
Maket re-design supermarket Papaya dan co-working space karya mahasiswa Desain Interior (DI) juga begitu lama diamati oleh Jaya Negara. “Maket-maket ini merupakan karya tugas akhir mahasiswa jurusan Desain Interior tahun yang akan wisuda November 2019 ini,” jelas Relationship and Job Career Manager STD Bali dan New Media College, Julian Angga Dwiputra kepada Jaya Negara.
 
Setelah mengamati maket, Wakil Wali Kota Denpasar dua periode ini mengarahkan pandangannya ke arah empat patung manekin yang berada di sudut kiri ruangan. Di patung itu terpajang busana karya mahasiswa Desain Mode (DM).
 
“Anak muda sekarang sangat kreatif, tentunya hal ini harus diapresiasi bersama sebagai sebuah kemajuan dan keunggulan SDM," papar Jaya Negara.
 
Sementara itu, Kadis Kominfo dan Statistik Kota Denpasar, I Dewa Made Agung didampingi Kabid PIP, Gede Wirahadikusuma Wahyudi menjelaskan bahwa  pelaksanaan DTIK Festival ini dimaksudkan untuk menggairahkan serta menarik minat masyarakat Kota Denpasar, universitas, komunitas serta para pengusaha di bidang teknologi untuk berkreasi dan berinovasi serta membuka wawasan masyarakat menjadi lebih luas terhadap kualitas produk di bidang teknologi sehingga masyarakat memiliki gambaran serta acuan untuk penggunaan teknologi sebagai penunjang kehidupan sehari-hari.
 
Adapun acara DTIK Festival tahun ini mengangkat tema "Think Smart to Live Happily" yaitu cara berpikir cerdas untuk mencapai hidup yang bahagia melalui penggunaan teknologi yang tepat guna, untuk dapat membantu kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. 
 
"Diharapkan pada Kegiatan DTIK Festival kali ini akan membentuk ekosistem untuk berkembangnya berbagai start up-start up baru guna meningkatkan daya saing pengusaha-pengusaha di Kota Denpasar dari berbagai bidang, serta menjadi ajang belajar, promosi dan berbagi pengetahuan antar komunitas, pengusaha start up, kampus dan pemerintah terkait perkembangan teknologi  terkini," paparnya.
 
Adapun pada gelaran DTIK Festival kali ini turut menghadirkan 22 Stand Kreator Berbasis Teknologi dari universitas, Inkubator Bisnis, serta komunitas. Selain itu juga turut dilaksanakan Talkshow dan Workshop dari berbagai narasumber, Lomba Kontes Motor, Lomba Robotik, Lomba Menyanyi, Lomba Race Drone, Lomba Tari Bali dan Lomba Menggambar.
 
Terdapat pula stand kuliner, foodtruck, serta hiburan tradisional yakni Bondres Ayu Maenah dan Bondres Genta Wisesa. Turut dimeriahkan pula penampilan dari puluhan group musik asal Kota Denpasar. Tak ketinggalan penampilan dari XXX Band, Leyonk Sinatra dan Joni Agung and Double T. (rjc)


STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University