Wednesday | Dec 11, 2019

November 27, 2019

Wisuda Sekolah Tinggi Desain Bali 2019


Sekolah Tinggi Desain (STD) Bali dan New Media College melepas 234 wisudawan dalam acara Wisuda STD Bali dan Pelepasan Lulusan New Media College di Grand Inna Bali Beach, Jumat (22/11) lalu. Prestasi lulusan pun sangat membanggakan. Di STD Bali, IPK tertinggi adalah 3.78 dan IPK rata-rata 3.35. Sedangkan IPK tertinggi New Media College adalah 3.92 dengan IPK rata-rata 3.54.

Ketua STD Bali, Made Arini Hanindharputri S.Sn., M.Sn mengatakan  STD Bali dan New Media College berkomitmen meningkatkan kualitas capaian akademik dan non akademik. Termasuk dalam  pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh segenap civitas akademika. Selain itu, pihaknya juga menjalin kerjasama internasional dengan Universiti Kebangsaaan Malaysia dalam program student exchange. 

“Selain itu, STD Bali juga menerima mahasiswa asing yang student exchange di STD Bali yaitu mahasiswa Kanda Institute of foreign Language, Meiji Jepang dan Mahasiswa Universitas Budi Luhur,” ujarnya.

Ada pula Program Summer School ”Tropical Architecture” yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Dalam 3 tahun ini telah diikuti mahasiswa asing sebanyak 147 orang dari 28 negara. Sejak dua tahun lalu, kampus yang berdiri pada 12 Februari 2013 ini sudah mendapat Akreditasi B. Begitu pula dengan kedua program studinya, yaitu Program studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior pun sudah Terakreditasi B. Pada tahun 2019 ini, STD Bali membuka program studi baru, Desain Mode.

Begitu pula dengan Kampus New Media College, pada bulan Agustus 2019 sudah dilaksanakan kegiatan Visitasi Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional. Kampus ini juga membuka dua Tempat Uji Kompetensi, yaitu Tempat Uji Kompetensi untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta Tempat Uji Kompetensi untuk Digital Teknologi dan Bisnis (DTB) yang merupakan satu-satunya di Bali. 

“Hal ini menjadi bukti nyata atas kerja keras, keseriusan dan profesionalisme pihak kampus dalam mengelola lembaga pendidikan,” kata Direktur New Media College, Kadek Sudrajat, S.Kom. 

Berdasarkan hasil Tracer Study terhadap para alumni bahwa lulusan STD Bali dan New Media College 100% terserap di dunia kerja yaitu dengan komposisi 87% Bekerja/berwirausaha dan 13% Bekerja sambil melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. 

Untuk meningkatkan standar kompetensi mahasiswa agar dapat bersaing secara global, STD Bali dan New Media College juga mengadakan Sertifikasi Internasional, Adobe Certified Associate (ACA).

Salah satu rangkaian acara wisuda kali ini, STD Bali dan New Media College melakukan penandatanganan MoU antara dengan VIVERE; perusahaan nasional yang bergerak di bidang interior dan furniture dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Chapter Bali; asosiasi yang diikuti para Pemimpin Redaksi atau Penanggung Jawab masing-masing media siber di Bali terkait penyelenggaraan kegiatan bersama dan penguatan sumber daya manusia.



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University