Wednesday | Dec 11, 2019



Desain Interior


Perkembangan ilmu teknologi seni rupa dan desain di Indonesia sudah mulai berkembang pesat khususnya perkembangan creative industry. Beberapa industri sangat memerlukan tenaga profesional di bidang desain, tidak hanya industri jasa, promosi, sandang, pangan dan papan. Tenaga profesional ini tidak hanya harus memiliki keahlian (skill) komputer dan ilustrasi tapi harus memiliki soft skill dan konsep yang menunjang eksekusi desain. Pengembangan skill yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari peranan desain sebagai bidang ilmu, khususnya dalam bidang Desain Interior.

Sekolah Tinggi Desain (STD) Bali di bidang Progam Studi Desain Interior akan mengakomodasi tuntutan dunia kreatif industri dalam rangka mempersiapkan tenaga profesional dalam bidang desain dengan mengemban misi mengedepankan penguasaan aplikasi yang disesuaikan dengan standar kualitas industri. Dengan program studi Desain Interior konsentrasi Peminatan Keahlian di bidang desain arsitektur interior dengan kekuatan teknologi grafis, digital animasi, dan multimedia akan menjadi satu-satunya program studi desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

 

PROGRAM STUDI DESAIN INTERIOR

Program Studi Desain Interior bertujuan menyediakan lulusan yang kompeten dan mampu menghasilkan karya desain interior ditekankan pada aplikasi teknologi dalam bidang desain interior sehingga mampu membantu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja khususnya bidang Desain Interior yang berkualitas tanpa menghilangkan nilai-nilai kearifan lokal yang ada.

Program ini mengemban visi dan misi untuk mewujudkan program studi Desain Interior yang unggul terutama dalam bidang teknologi yang berkaitan dengan dunia kerja desain interior dan berwawasan budaya dan menghasilkan lulusan yang memiliki karakter profesional dan mampu bersaing secara global.

Program kurikulum perkuliahan dirancang dengan memadukan konsep link dan match dengan dunia industri, dengan materi kurikulum yang mengacu pada kebutuhan dunia kerja, sistem pembelajaran yang lebih menekankan kepada based on project (hasil karya), menitikberatkan pembelajaran secara vokasional (keahlian), keahlian manajerial dan enterprenuer sehingga lulusan program studi ini akan menempati posisi yang strategis dalam dunia kerja.

Prospek dan peluang kerja yang disediakan untuk bidang ini sangat luas, baik perusahaan dari skala kecil sampai besar dalam bidang seni dan kreatif idustri bidang Desain Interior. 

 

VISI PROGRAM STUDI DESAIN INTERIOR

Sesuai dengan visi Sekolah Tinggi Desain Bali yaitu sebagai sekolah tinggi desain yang berkualitas dan terpercaya dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui peningkatan kreativitas, produktivitas, dan profesionalisme civitas akademika di tahun 2032, program studi S1 Desain Interior  memiliki visi untuk mendukung visi Sekolah Tinggi Desain Bali. Visi program studi S1 Desain Interior  adalah menjadi program studi yang unggul  dan kompetitif di bidang desain interior berbasiskan kearifan lokal Bali dalam penyelengaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi hingga tahun 2025.

 

MISI PROGRAM STUDI DESAIN INTERIOR

Menghasilkan lulusan Sarjana Desain Interior yang unggul dengan misi sebagai berikut:

  1. Menitikberatkan pada pendidikan dengan proses pembelajaran yang kreatif dan mandiri, kemampuan dalam penelitian, pengabdian masyarakat dan penggunaan teknologi komputer sebagai pendukung dalam usaha percepatan pematangan kemampuan mahasiswa.
  2. Menyajikan kurikulum Desain Interior yang sesuai dengan perkembangan industri kreatif yang sedang berkembang.
  3. Mewujudkan pendidikan interior dengan yang tetap mengacu pada nilai-nilai kearifan lokal Bali.

Mewujudkan lulusan desain interior yang kompetitif dengan misi sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang produktif, kreatif dan profesional dalam perancangan bangunan dan interior serta dapat menerapkan ilmunya untuk kepentingan masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan baik keterampilan berkarya, penelitian maupun sikap mental keprofesian sebagai bekal dalam menghadapi tantangan profesi di masa depan (MEA, AFTA, dll)

 

Kompetensi dan keahlian yang dapat dipilih diantaranya :

1. Desain Interior Grafis dan Animasi
Peminatan ini merupakan peminatan pada bidang keahlian dan keterampilan penyajian desain interior dalam bentuk simulasi grafis dan animasi secara digital meggunakan software pendukung seperti 3Ds Max, Sketchup, Lumion dan Adobe Premiere tingkat lanjut/advance. Peminatan ini disajikan dalam 2 mata kuliah, yaitu Permodelan 3D, dan Animasi Interior.

2. Interior Produk dan Eksibisi
Peminatan ini merupakan peminatan pada bidang keahlian dan keterampilan penyajian desain interior dalam bentuk produk seperti maket, furniture, aksesoris interior, dan dekorasi interior untuk keperluan eksibisi dalam tingkat lanjut/advance untuk hasil yang lebih baik dan profesional dari segi kualitas. Peminatan ini disajikan dalam 2 mata kuliah, yaitu mata kuliah workshop mebel asesoris, dan maket interior.

3. Interior Bisnis
Peminatan ini merupakan peminatan pada bidang keahlian dan keterampilan desain interior dari sisi bisnis. Seorang desainer interior sangat mungkin untuk menjadi seorang wirausaha / enterpreneur. Pada peminatan ini mahasiswa akan belajar bagaimana merencanakan dan membangun sebuah bisnis pada bidang desain interior, sehingga mampu menjadi wirausaha dan pebisnis yang sukses.

 

Karir dan Posisi dalam dunia industri sebagai berikut:

1. Desainer Interior (pada konsultan interior, arsitektur, kontraktor, ataupun freelance)
2. Building supervisor (pengawasan pada pelaksanaan proyek)
3. Penulis Interior & Arsitektur
4. 3D Artist & Animator
5. Freelance Desain Interior
6. Wiraswastawan

 

   



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University